Djarum Coklat Xtraligi Perjalanan Spiritual Slank Bersama Ki Ageng Ganjur ke Pesantren Tambak Beras Jombang


Usai melaksanakan acara di Ponorogo rombongan Xtraligi Perjalanan Spiritual Slank Bersama Ki Ageng Ganjur bergerak ke kota Jombang sebagai kota persinggahan berikutnya. Pesantren tujuan Slank dan personil Ki Ageng Ganjur di kota Jombang, kota yang terkenal dengan julukan kota santri, ini adalah pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Setelah menghadiri jamuan makan siang yang dilaksanakan di pesantren, Dr. Al-Zastrouw Ng., bersama para personil Slank melaksanakan penanaman seribu pohon secara simbolis di lingkungan pesantren kemudian melakukan Dialog Budaya bersama para santri, ustadz dan tamu undangan serta anggota GP Ansor Jombang, yang bertindak sebagai pelaksana kegiatan sekaligus dalam rangkaian kegiatan Ulang Tahun GP Ansor.

Setelah acara dialog rombongan Slank bersama Al-Zastrouw disertai para pengurus PC Ansor Jombang kemudian bergerak menuju Tebuireng untuk melakukan ziarah ke makam Gus Dur. Di sepanjang jalan menuju Tebuireng mereka berpapasan dengan rombongan Slankers yang melakukan perjalanan menuju Alun-Alun Jombang. Begitu juga ketika mulai memasuki kawasan Tebuireng, rombongan Slankers mendapat sambutan yang begitu meriah dan dielu-elukan oleh ribuan santri yang berjejer hampir di sepanjang jalan.

Konser Xtraligi Perjalanan Spiritual Slank Bersama Ki Ageng Ganjur dimulai pukul 19.30-22.00 Wib. di Alun-Alun Kota Jombang yang dihadiri lebih dari 30.000 orang penonton yang memadati lokasi dan kawasan di sekitar Alun-Alun tersebut. Acara diawali penampilan kesenian lokal dari pesantren kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial yang kemudian langsung disambung dengan penampilan Ki Ageng Ganjur dari Yogyakarta dengan tembang-tembang religinya.

Jika di kota-kota sebelumnya (Malang dan Ponorogo, di Probolinggo Slank tampil lagi setelah kolaborasi) setelah tembang-tembang religi Ki Ageng Ganjur langsung dilanjutkan dengan penampilan group Slank dengan lagu-lagu andalannya. Seperti sebelumnya, acara di Jombang ini Slank dengan Ki Ageng Ganjur berkolaborasi dan menyuguhkan musikalisasi dan pertunjukkan yang berbeda dari lagu-lagu Slank. Dengan membawakan 6 lagu Slank terpilih, Dr. Al-Zastrouw Ng. memberikan penjelasan makna-makna religius pada lagu-lagu yang dibawakan oleh Slank, sehingga memberikan pemahaman kepada para penonton serta warna baru dalam konser musik yang ditampilkan.

Menjelang akhir konser, seperti biasanya Kaka (vocalis Slank) selalu menyempatkan diri mengabsen masing-masing rombongan Slankers yang hadir, selain rombongan Slankers Jombang sendiri, ada juga rombongan Slankers dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Mojokerto, Tuban, Surabaya, Pasuruan, Kediri, Malang, Trenggalek, Gresik, ada juga rombongan Slankers dari Jawa Tengah, seperti Semarang, Solo, Klaten, bahkan rombongan Slankers dari Cirebon, Priok, Tangerang juga ada yang hadir sampai ke Kota Jombang. Penonton begitu larut dalam kemeriahan acara sampai konser usai dengan diantar lagu “Kamu Harus Pulang” dari Slank dan ditutup dengan lagu “Shalawat Badar” dari Ki Ageng Ganjur bersama seluruh pengisi acara.

Ditulis Oleh : simokonk ~ Aktivitas Sehari-hari Simokonk

Artikel Djarum Coklat Xtraligi Perjalanan Spiritual Slank Bersama Ki Ageng Ganjur ke Pesantren Tambak Beras Jombang ini diposting oleh simokonk pada bulan Mar 27, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © / Simokonk

Template by : Urangkurai / Modified by : Debby Mokonk